Cara Install Beberapa Repository Eprints dalam Satu Server



Eprints yang menggunakan template bootstrap 3

Setelah di artikel yang lalu saya menuliskan tentang Cara Install Eprints di Debian/Ubuntu, kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran tentang cara menginstall beberapa Eprints dalam satu server yang sama. Artikel ini dibuat karena ada salah satu pertanyaan di kolom komentar postingan Cara Install Eprints di Debian/Ubuntu.


Bisakah dalam satu server ada 2 eprints berbeda? misalnya satu khusus menyimpan tulisan2 ilmiah, satu untuk berkas surat2 lain? dengan alamat domain berbeda (misalnya eprints.blabla.com untuk tulisan ilmiah, yang satunya eprints2.blabla.com untuk surat2)

Jawabannya adalah bisa, sebenarnya eprintsnya itu tetap diinstall satu, tapi repository atau archive id nya yang bisa diperbanyak. 

Apabila sudah pernah membuat repository eprints di komputernya, maka cara untuk membuat repository baru juga sama dengan cara membuat repository pertama, yaitu dimulai dengan perintah berikut:

sudo su
su eprints
cd /usr/share/eprints3/
./bin/epadmin create

Ketikan diminta untuk mengisi bagian Archive ID, maka isi dengan nama repository yang berbeda dengan repository sebelumnya. Setelah itu lanjut ke konfigurasi virtual server, masukan Hostname dengan nama yang berbeda juga dari Hostname sebelumnya. Setelah itu lanjutkan saja proses pengisian data dengan mengisi informasi-informasi sesuai dengan kolom yang tertera sampai selesai semuanya.


Baca juga : Cara Migrasi Eprints dari Server Lama ke Server Baru Secara Manual

Kalau sudah selesai, tinggal exit dari user eprints lalu restart apache2 nya.

$ exit
# systemctl reload apache2

Supaya bisa diakses di komputer lokal (seandainya belum terkoneksi dengan domain sebenarnya), maka tinggal daftarkan host ke komputernya.

# cd /etc
# nano hosts

Contohnya seperti:

127.0.0.1       localhost
127.0.1.1       sukabumikode
127.0.1.1       karyailmiah.tes
127.0.1.1       skripsi.tes

Itu berarti saya sudah mempunyai dua repository erints yang berbeda, yaitu karyailmiah.tes dan skripsi.tes
Kedua nama tersebut ( karyailmiah.tes dan skripsi.tes ) adalah Hostname yang sebelumnya dimasukan ketika proses instalasi archive eprints.


Baca juga : Cara Install Beberapa Repository Eprints dalam Satu Server

Demikian informasi mengenai Cara Install Beberapa Repository Eprints dalam Satu Server, semoga bermanfaat. Apabila ada yang perlu ditanyakan, silahkan sampaikan di kolom komentar.

Kami juga menerima jasa instalasi Epritns dan juga custom template Eprints. Untuk informasi lebih lanjut, boleh hubungi kami via email sukabumikode@gmail.com atau WhatsApp 0816742469.


Jasa Install Eprints : Rp. 300.000,-
Jasa Custom Template Eprints : Rp. 300.000,-




Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan